Senin, 01 Oktober 2012

Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa)

  

MAHKOTA DEWA

Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) adalah tanaman yang ditanam sebagai peneduh dengan tinggi pohon kurang lebih 3 m dan mempunyai buah yang berwarna merah menyala
  
  
ketika buah sudah masak. Tanaman ini sangat dikenal di Indonesia yang berasal dari Papua. Di negara ini mahkota dewa dikenal sebagai tanaman obat.
Untuk memperpanjang masa simpan buah mahkota dewa, dapat dilakukan pengawetan dengan beberapa cara antara lain pendinginan, pengalengan, dan pengeringan. Pengeringan yang dilakukan pada buah mahkota dewa bertujuan mengurangi kadar air dalam bahan, sehingga air yang tersisa tidak dapat digunakan sebagai media hidup mikroba perusak yang ada di dalam bahan tersebut, dengan kata lain dapat memperpanjang masa simpan buah mahkota dewa tersebut. Kondisi pengeringan yang tepat akan menentukan mutu hasil pengeringan yang tinggi.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Mahkota_dewa
  
  
  Zat yang terkandung didalam tanaman obat herbal mahkota dewa :
  • Daun : mengandungi antihistamin, alkaloid, saponin & polifenol (lignan)
  • Kulit Buah : mengandungi alkaloid, saponin & flavonoid.
  • Buah : alkanoid, tanin, flavonoid, fenol, saponin, lignan, minyak atsiri & sterol.
  
  
  
Berikut adalah beberapa khasiat tanaman obat herbal mahkota dewa :
  1. Sebagai obat herbal Diabetes Mellitus : Ambil 5 – 6 buah buah mahkota dewa, iris menjadi beberapa bagian, cuci, rebus buah mahkota dewa tersebut dengan 5 gelas air hingga airnya tinggal 3 gelas. Minum 3 x sehari sebanyak 1 gelas setiap minum.
  2. Sebagai obat herbal Kanker dan Tumor : 5 gr daging buah mahkota dewa kering, 15 gr temu putih, 10 gr sambiloto kering, 15 gr cakar ayam kering, cuci bersih, rebus semua bahan dengan 5 gelas air hingga airnya tinggal 3 gelas. Saring, dinginkan. Minum 3 x sehari, 1 gelas setiap minum, minum 1 jam sebelum makan.
  3. Sebagai obat Rheumatik dan Asam urat (gout) : 5 daging buah mahkota dewa, 15 gr akar sidogori, 10 gr sambiloto kering, cuci bersih, rebus semua bahan dengan 5 gelas air hingga airnya tinggal 3 gelas. Saring, dinginkan. Minum 3 x sehari, 1 gelas setiap minum, minum 1 jam sebelum makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar