Senin, 01 Oktober 2012

AGLAONEMA


AGLAONEMA

Aglaonema atau dalam Bahasa Indonesia sering disebut ‘Sri Rejeki’ merupakan salah satu genus dalam Araceae yang banyak berhabitat alami di daerah tropis hingga tropis basah.
Aglaonema berasal dari daratan Asia, menyebar dari wilayah China bagian selatan, Thailand, Birma, Indonesia, hingga Filipina. Habitat asli tanaman ini adalah tempat-tempat terlindungi seperti di bawah tajuk rindangan hutan dengan intensitas cahaya yang rendah. Taman Wisata Mekarsari mengembangkan berbagai jenis aglaonema untuk dijadikan tanaman hias baik untuk penghias ruangan (indoor) maupun penghias taman (outdoor).
Aglaonema termasuk tanaman monokotil berakar serabut yang berbentuk silinder, berwarna putih hingga putih kekuningan dan sukulen. Batang tanaman aglaonema berbentuk silinder, tidak berkayu, berwarna putih, hijau atau merah, dan berbuku. Setiap buku pada batang mempunyai satu mata tunas yang berpotensi untuk tumbuh menjadi percabangan baru bila kondisi memungkinkan.
Bentuk daun bervariasi dari oval hingga lanset (lanceolate) dengan susunan tulang daun menyirip. Daun pada umumnya berwarna hijau dengan variasi gradasi warna, variasi berupa bulatan (marbled), dan perforasi pada helaian daun. Tangkai daun berpelepah dan saling menutupi batang, hingga terkesan tanaman aglaonema tidak mempunyai batang yang jelas. Bunga aglaonema berbentuk seperti tongkol memanjang dengan bagian-bagian terdiri atas tangkai bunga, seludang (spathe) dan spadiks.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar